
DESKRIPSI.ID – BERAU – Rapat koordinasi peningkatan pelayanan administrasi kependudukan berbasis digital sebagai wujud nyata dalam mempermudah pelayanan publik telah dilaksanakan, Selasa (26/9/2023) di Bapelitbang.
Harapannya, dokumen kependudukan yang terintegrasi sebagai penentu arah dan evaluasi kebijakan publik dalam prosesnya diperlukan kecepatan, ketepatan dan kemudahan.
Pasalnya dokumen kependudukan itu berkaitan dengan aspek pembiayaan pemerintah daerah dalam layanan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.
“Tentu dalam proses pelayanannya diperlukan keramahan, kecepatan, dan ketepatan, demi kepuasan layanan bagi masyarakat,” ujar Sri Juniarsih.
Dia juga menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Berau berkomitmen mendorong pemanfaatan teknologi informasi, dalam upaya pelaksanaan program pembangunan.
“Kita semua harus menyadari, era digitalisasi saat ini menjadi sesuatu yang tidak dapat ditawar lagi,” ungkapnya.
Dengan adanya layanan adminduk yang berbasis digital, tentunya akan memungkinkan masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan secara cepat dan mudah. Bahkan, diharapkan dapat meminimalisasi biaya yang dikeluarkan.
“Penting juga bagi saudara-saudara untuk terus meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri, agar semakin menguasai bidang kerja, khususnya penerapan aplikasi digital pada layanan adminduk ini,” ujarnya.
Sementara itu, dalam menjalankan adminduk secara online, Disdukcapil juga telah membentuk petugas register online kecamatan, kampung dan kelurahan, untuk membantu masyarakat dalam membuat dokumen kependudukan. (adv prokopim berau)











Komentar